Sunday, December 9, 2018

Cerita Legenda Lutung Kasarung

Loading...

Selamat datang di Cerita Rakyat Singkat, hari ini kita akan mendongeng tentang Legenda Lutung Kasarung dari Jawa barat. Saatnya mendongeng..!!

Legenda Lutung Kasarung
Youtube

Dongeng Legenda Lutung Kasarung

Purbasari mempunyai kakak bernama Purbararang, Dia tak setuju jika adiknya diangkat sebagai pengganti ayah mereka. Kemarahannya sudah melebihi batas hingga timbul niat jahat untuk mencelakan adiknya. Dia meninta tolong nenek sihir untuk mengguna-guna Purbasari. Sehingga kulit Purbasari pun muncul totol-totol hitam karena guna-guna nenek sihir itu. Inilah kesempatan Pubararang untuk mengusir adiknya dan menggantikan adiknya menjadi Ratu.

Dengan sangat teganya, Purbararang mengutus seseorang untuk mengasingkan Purbasari di tengah-tengah hutan yang sepi. Begitu tiba di hutan, orang suruhan tadi mempunyai niat baik kepada Purbasari dan dibuatkan gubuk ditengah hutan untuk Purbasari. Dengan tulus orang itu menasehati Purbasari agar selalu tabah dan sabar menghadapi cobaan ini, Tuhan pasti selalu bersama Purbasari. Sang putri pun mengucapkan terima kasih kepada orang itu.

Hari-hari terus berjalan, waktu terus berlalu, selama tinggal ditengah-tengah hutan itu Purbasari memiliki begitu banyak teman, hewan-hewan dihutan lah yang menjadi teman Purbasari. Ada satu hewan yang sangat misterius yang menjadi teman Purbasari, yaitu seekor kera berbulu hitam. Namun kera itu yang paling memberi perhatian lebih kepada Purbasari. Kera itu bernama Lutung Kasarung, Ia selalu membuat hati Purbasari bahagia karena kera itu selalu memberikan bunga-bunga nan indah dan buah-buahan segar kepada Purbasari.

Pada suatu malam di bulan purnama, Lutung Kasarung menjadi aneh, ia selalu menyendiri dan bersemedi, terlihat ia sedang meminta sesuatu kepada Dewata. Keajaiban pun terjadi di tanah dekat mereka terbentuklah sebuah telaga kecil dengan air yang jernih dan segar dan ternyata telaga ini airnya bisa untuk menyembuhkan penyakit. Esok harinya Lutung Kasarung memberitahukan kepada Purbasari untuk berendam di telaga ajaib itu. Akhirnya Purbasari pun menyetujui permintaan Lutung Kasarung dan tak lama setelah berendam di telaga tersebut, kulitnya yang semula bertotol-totol hitam kini menjadi bersih dan kembali menjadi cantik. Purbasari sangat gembira sekali akhirnya guna-guna itu hilang dan ia sembuh.

Purbararang yang berada di istana penasaran dengan keadaan adiknya di hutan, akhirnya ia memutuskan untuk pergi ke hutan melihat adiknya. Di perjalanan Purbaararang ditemai oleh tenangannya dan para pengawalnya. Namun apa yang terjadi?, ketika sampai di hutan Purbararang bertemu dengan Purbasari dan saling berhadapan. Purbararang sungguh tak percaya melihat keadaan adiknya yang sembuh total dari guna-guna penyihir itu. Dengan hati yang dengki akhirya Purbararang tidak ingin malu, ia menhajak purbasari untuk beradu rambutnya, siapa yang punya rambut panjang ia yang menang. Pada awalnya Purbasari menolak ajakan itu, namun karena desakan kakaknya, akhirnya Purbasari meladeni tantangan itu dan ternyata rambut Purbasari lebih panjang.

Purbararang pun tak mau kalah, sekarang dia mengajak untuk mengadu ketampanan tunangannya. Purbasaru pin terlihat gelisah, akhirnya ia manarik Lutung Kasarung, ia melompat-lompat menenangkan Purbasari. Purbararang mengejek dengan tertawa terbahak-bahak. Namun keajaiban kembali terjadi, ketika Lutung Kasarung melakukan semedi, tiba-tiba ia berubah menjadi Pemuda yang gagah dan tampan, bahkan lebih tampan dari tunangan Purbararang. Semua yang berada di situ terkejut dan senang dengan keajaiban itu.

Akhirnya Purbararang mengaku kalah dan meminta maaf kepada Purbasari, memohon untuk tidak dihukum. Purbasari dengan baik baik memafkan kakaknya dan mereka pun kembali ke istana. Setelah kejadian itu Purbasari menjadi seorang Ratu yang di dampingi oelh pemuda gagah dan tampan yang tak lain adalah seekor lutung yang setia menemaninya dihutan.

Cerita Legenda Lutung Kasarung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dunia Dongeng